Belajar Digital Marketing 1: Definisi, Keunggulan & Jenisnya

Daftar isi

Bagikan artikel ini

Belajar digital marketing #1 – Digitalisasi membawa pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat. Dengan berubahnya pola konsumen dalam membeli produk maupun jasa. Hal tersebut menuntut penyedia produk barang dan jasa lebih kreatif dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Digital marketing hadir sebagai jawaban di era pemasaran sekarang ini. Yuk simak lebih jauh tentang dasar dari kegiatan pemasaran ini!.

Apasih Digital Marketing itu?

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan cara yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produk dan jasanya melalui jaringan internet dan berbentuk foto/gambar dan video. Media promosinya pun beragam mulai dari media sosial, website, email marketing dan iklan berbayar. Mungkin buat sebagian orang udah ngga asing lagi sama istilah ini. Apalagi buat anak marketing yang udah jadi makanan sehari-harinya.

Pentingnya Belajar Digital Marketing

Pesatnya perkembangan teknologi informasi menuntut kita untuk terus beradaptasi. Hal tersebut berlaku juga bagi kegiatan pemasaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Simon Kemp, Hootsuite dan We Are Social. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia terus mengalami kenaikan yang pesat. Hal tersebut dapat dilihat pada tahun 2017 mencapai 106 juta pengguna. Angka tersebut terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tahun 2018 tercatat 130 juta pengguna. Tahun 2019 pengguna media sosial bertambah 13% atau sekitar 17 juta pengguna, sedangkan tahun 2020 kenaikan pengguna media sosial berjumlah 8,1% atau sekitar 12 juta pengguna. Kemudian pada tahun 2021 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 170 juta.

belajar digital marketing - grafik pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia

Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Tentunya hal tersebut dapat menjadi lahan basah yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pemasaran. Platform seperti Instagram, Tiktok dan Facebook dapat menjadi langkah awal dalam mempromosikan bisnis anda secara gratis yang tentunya berbeda dengan media konvensional lainnya.

Keunggulan Digital Marketing

  • Jangkauan lebih luas
  • Hemat biaya bahkan gratis
  • Hasil yang terukur
  • Target yang dapat disesuaikan
  • Lebih dekat dengan customers

Bentuk Digital Marketing

Melalui Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri bahwa branding produk melalui media sosial memegang peran penting dalam meningkatkan penjualan. Menurut pendapat saya, setiap media sosial mempunyai segmentasi-nya masing-masing. Seperti Facebook yang identik dengan orang tua, Instagram dan Tiktok yang lebih disukai oleh kalangan anak muda.

Pemilihan media sosial sangat penting dan harus disesuaikan dengan target pasar. Seperti Instagram, selain karena penggunanya yang banyak, media utama yang diusung oleh Instagram adalah foto dengan kualitas yang baik sehingga pengguna dapat dengan mudah dan cepat melihat dan mengenali suatu produk atau jasa tanpa harus mengeluarkan banyak kuota internet. Tidak hanya foto, pengguna juga dapat mengunggah berbagai macam video dan story serta memberikan komentar atau pesan langsung kepada pengguna lain. Kualitas konten pun perlu diperhatikan, sehingga engagement konten dapat naik. Salah satu langkahnya adalah dengan memahai Algoritma Instagram.

Hal tersebut tentunya sangat memudahkan proses komunikasi antara konsumen dan penyedia produk atau jasa, sehingga Instagram bisa menjadi pilihan media sosial yang tepat untuk melancarkan strategi komunikasi pemasaran. Selain itu juga Instagram menyediakan fitur bisnis yang mempermudah Anda dalam menganalisis efektifitas pemasaran melalui media ini.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter juga menyediakan fitur berbayar yang dapat dimanfaatkan seperti Instagram Ads, Facebook Ads dll.Fitur ini memiliki power yang sangat bagus, karena produk yang diiklankan akan menyasar pengguna yang sesuai. Sehingga efektifitas promosi melalui media ini sangat bagus dengan biaya yang dapat disesuaikan.

Mengoptimalkan Website dengan Search Engine Optimizer (SEO)

SEO merupakan sebuah seni yang diperlukan keahlian khusus agar artikel sebuah website yang dibuat dapat masuk dalam search engine. Target utama dari SEO ini adalah mengupayakan website tampil pada halaman pertama mesin pencarian. Beberapa factor penting yang perlu diperhatikan agar halaman web dapat ditampilkan pada halaman pertama mesin pencarian diantaranya:

  • Kualitas konten
  • Keterlibatan user
  • Kemudahan akses
  • Jumlah dan kualitas backlink

Semakin optimal SEO diterapkan, maka website anda semakin mudah ditelusuri melalui mesin pencarian seperti google, bing, yahoo dll. Algoritma yang selalu berubah juga menuntut pengelola website untuk terus menyesuaikan konten agar tetap terserap dalam mesin pencarian. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memantau perkembangan kunjungan website dan melakukan evaluasi setiap bulan-nya.

Promosi Berbayar dengan Pay Per Click (PPC)

Berbeda dengan cara pemasaran yang telah disebutkan sebelumnya, PPC mengharuskan anda untuk mengeluarkan uang setiap kali seseorang mengklik iklan anda. PPC dapat disesuaikan dengan budget yang anda keluarkan. Semakin banyak budget yang dianggarkan, maka semakin luas jangkauan dari promosi barang dagangan anda.

Algoritma akan memprioritaskan iklan anda berdasarkan kualitas iklan, relevansi keyword, kualitas halaman yang dituju, dan jumlah budget yang anda keluarkan. Iklan PPC ini memungkinkan halaman website anda ditampilkan pada halaman pertama mesin pencarian.

KOL (Key Opinion Leader)

KOL adalah taktik pemasaran dengan cara bekerjasama dengan influencer. Siapa sih yang ngga kenal dengan instilah influencer. Influencer adalah seseorang yang memiliki banyak follower dan setiap argumen yang dikeluarkannya dapat mempengaruhi audiens nya. Pemilihan influencer juga perlu diperhatikan yang tentunya disesuaikan dengan target pasar produk yang akan diendors. Semakin terkenal influencer tersebut maka semakin tinggi biaya yang dikeluarkan.

Seperti dikalangan perempuan, tentunya mereka tidak asing dengan nama Tasya Farasya yang merupakan top beauty influencer di Indonesia. Produk kecantikan yang dipakainya tentu akan mempengaruhi pengikutnya untuk ikut menggunakan-nya juga. Selain itu contoh lainnya ada Jerome Polin. Jerome yang aktif sebagai konten kreator edukasi, traveling, food vloger dll. dapat meng-influence audiennya untuk mencoba apa yang ia lakukan.

Email Marketing

Promosi melalui email marketing ini bersifat personal dikarenakan menyasar langsung ke customers. Menurut saya, email marketing dapat dinilai efektif apabila target-nya adalah customers yang sudah melalukan pembelian. Sehingga dapat dipetakan bahwa, sasaran dari promosi ini adalah mereka yang telah berinteraksi dengan produk kita. Dalam prakteknya, promosi melalui email marketing dinilai cukup rumit. Dikarenakan kita harus terebih dahulu memiliki daftar email yang menjadi target.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi yang pesat serta digitalisasi yang menyentuh hampir semua aspek dalam masyarakat menutut praktisi pemasaran untuk belajar digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk. Terdapat berbagai macam bentuk dari digital marketing itu sendiri diantaranya melalui media sosial, optimalisasi website dengan SEO (Search Engine Optimizer), menggunakan influencer sebagai KOL (Key Opinion Leader), promosi berbayar dengan sistem PPC (Pay per Click), email marketing dll.

Digital marketing dinilai efektif dikarenakan jangkauan lebih luas, pengguna terlibat secara langsung dalam merespon iklan, serta terjalinnya kedekatan dengan customers karena komunikasi terjalin dua arah. Fitur berbayar juga memiliki nilai tambah yaitu target promosi dapat disesuaikan dengan hasil yang dapat diukur.

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan mulai mengimplementasikan digital marketing sebagai salah satu kegiatan pemasaran guna menggenjot penjualan produk.

Sumber data : www.datareportal.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *