Daftar isi

Tips Memahami Algoritma Instagram 2023, Agar Engagament Konten Naik

algoritma instagram

Bagikan artikel ini

Daftar Isi

Algoritma Instagram merupakan hal yang perlu dijadikan perhatian oleh setiap konten kreator di platform ini. Terutama untuk hal yang berkaitan dengan branding produk. Yuk kepoin lebih lanjut cara kerja algoritma ini agar konten mu muncul di explore dan mendapatkan engagement tinggi.

Apa itu Algoritma Instagram?

Sama seperti halnya optimasi SEO pada website, dalam mengelola Instagram juga memiliki trik-nya tersendiri. Secara sederhana Algoritma Instagram adalah sebuah sistem yang memberikan penilaian terhadap semua konten yang ada di Instagram meliputi postingan di feed, reels, stories beserta atribut yang menyertain-nya. Pemilihan caption, penggunaan hastag, tag lokasi dan pemilihan musik oleh pengguna turut memengaruhi penilaian tersebut.

Penilaian tersebut bertujuan untuk menampilkan konten mana yang pantas dan sesuai bagi pengguna IG lainnya. Sehingga konten yang tepat dapat menyasar user yang tepat juga.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 dalam Menyajikan Sebuah Konten?

explore algoritma instagram

Algoritma Instagram berjalan secara terus menerus, sehingga konten yang disajikan kepada pengguna akan terus berubah seiring dengan ketertarikan pengguna. Pada update terbarunya di tahun 2023 ini, Adam Mosseri menjelaskan bahwa setiap fitur yang ada di Instagram memiliki algoritma-nya masing-masing. Sehingga Feed, Stories, Explore, Reels dan Search Instagram bekerja secara mandiri.

Di tahun 2023 ini, Instagram berusaha menyajikan konten yang membuat nyaman penggunanya ketika membuka aplikasi. Oleh karena itu konten yang disajikan akan difokuskan pada ketertarikan dan interaksi pengguna secara langsung. Mayoritas dari peniaian tersebut hampir seluruhnya sama, tetapi ada beberapa poin tertentu yang membedakannya. Berikut merupakan algoritma di setiap fitur yang ada pada platform ini.

Algoritma Feed Instagram

Feed Instagram berfokus pada kenyamanan user dalam menggunakan platform ini. Pada urutan pertama, IG akan menyajikan postingan dari apa yang anda follow dan akun apa yang anda belum follow tapi sering Anda lihat unggahannya. Selain itu juga IG akan menampilkan format media apa yang lebih anda suka, apakah itu berupa foto atau video. Secara garis besar, berikut merupakan hal yang dijadikan preferensi konten yang disajikan:

  • Aktifitas user, berupa post yang user sukai, komentari, simpan, dan bagikan.
  • Informasi tentang konten, seberapa cepat konten tersebut viral dan seberapa tinggi interaksi user terhadap konten tersebut. Preferensi lain juga didapatkan melalui tag lokasi dan kapan konten tersebut diunggah.
  • Informasi tentang user yang mengunggah konten. Hal ini berkaitan dengan seberapa sering user berinteraksi dengan akun Anda, apabila user sering berinteraksi maka besar kemungkinan Instagram akan menampilkan konten lainnya yang diunggah oleh Anda.
  • Histori interaksi dengan seseorang. Histori tersebut menjelaskan seberapa ketertarikan user berinteraksi dengan akun anda. Jadi cobalah membuat konten yang sesuai dengan apa yang diinginkan target pasar.

Algoritma Stories Instagram

Sebagaimana fungsi dari stories itu sendiri, kegunaan fitur ini adalah untuk membagikan moment keseharian Anda kepada pengguna lainnya. Akan tetapi hanya user yang mengikuti Anda saja yang dapat melihat stories secara langsung di panel atas platform ini. User lain yang tidak mem-follow anda tetap bisa melihat dengan cara mengunjungi profil Anda terlebih dahulu.

Algorima Instagram di tahun 2023 ini terdapat beberapa indikator yang menjadi penilaian stories mana yang pantas ditampilkan di urutan pertama diantaranya:

  • Seberapa sering user melihat stories Anda. Instagram menilai semakin sering user kepoin stories Anda maka dapat disimpulkan user sangat tertarik dengan akun Anda.
  • Engagement history. Seberapa sering user berinteraksi dengan akun baik berupa like maupun DM.
  • Kedekatan. Instagram akan menilai seberapa dekat hubungan Anda dengan user.

Algoritma Explore Instagram

Memahami algoritma explore adalah hal yang paling utama khususnya bagi anda yang bertindak sebagai Social Media Spesialist sebuah produk. Apabila anda sukses dalam mempelajari algoritma ini, maka semakin besar juga kesempatan produk Anda dikenal secara luas. Oleh karena itu pembuatan konten yang menarik dan sesuai dengan target pasar merupakan hal yang perlu diperhatikan.

  • Seberapa viral sebuah post. Seberapa banyak dan seberapa cepat engagement terhadap sebuah konten terbentuk, maka semakin besar kemungkinan konten akan ditampilkan di explore user.
  • Aktifitas user di explore. Aktifitas ini berkaitan dengan ketertarikan. Apabila user tertarik melihat konten traveling, maka pada explore akan lebih sering muncul konten yang berhubungan dengan traveling.
  • Histori interaksi dengan user yang mengunggah konten. Sama seperti pada feed, Instagram akan menampilkan kembali unggahan user yang pernah berinteraksi di fitur explore sebelumnya.
  • Informasi tentang user yang mengupload konten.

Algoritma Reels Instagram

Reels merupakan sebuah fitur baru yang ada di Instagram. Saya sendiri menilai bahwa hadirnya reels ini terinspirasi dari TikTok, Instagram bermaksud menghadirkan video singkat yang dapat dinikmati oleh user-nya. Beberapa indikator yang perlu diperhatikan yang menjadi penilaian kualitas reels Anda sebagai berikut:

  • Aktifitas User. Lagi-lagi semakin sering user beriteraksi dengan konten Anda, maka konten Anda yang lainnya pun akan ditampilkan kembali pada reels user.
  • Interaksi user dengan akun Anda sebagai uploader.
  • Informasi tentang reels. Visualisasi video dan penggunaan musik akan berpengaruh juga pada popularitas.
  • Informasi Anda sebagai pemilik konten. Jumlah followers dan tingkat engagement anda akan mempengaruhi penyebarluasan konten Anda.

Alasan Algoritma Instagram Terus Berubah

Menurut penulis, alasan utama Instagram terus merubah algoritma-nya adalah demi kenyamanan bagi user itu sendiri. Instagram terus menyesuaikan diri agar user mendapatkan pengalaman yang maksimal. Dengan memfokuskan konten pada hal yang disukai, pengguna dapat menghabiskan waktu lebih lama dalam menggunakan aplikasi ini.

Tips Optimasi Konten Instagram Agar Sesuai dengan Algoritma

Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan agar Algoritma Instagram menghasilkan hasil yang memuaskan bagi Anda.

  • Pahami Pendoman Komunitas Instagram. Dengan memahami kebijakan akan konten, dapat menghindari Anda dari shadowban akun yang menyebabkan akun Anda tidak dapat muncul di rekomendasi konten pengguna lainnya.
  • Buatlah konten se-original mungkin. Platform ini sangat menghargai karya original dari seseorang. Hal tersebut didukung oleh algoritma instagram yang dapat dengan mudah mendeteksi konten mana yang bersifat re-upload. Konten original akan lebih diutamakan untuk ditampilkan kepada pengguna lainnya.
  • Upload secara konsisten dengan jadwal posting yang tepat. Konsistensi merupakan kunci dalam mengembangkan akun media sosial. Semakin banyak jumlah post maka akan berpengaruh pada meningkatnya jumlah engagement. Pemilihan waktu posting juga berpengaruh terhadap kesempatan konten dilihat oleh banyak orang.
  • Dorong keterlibatan user. Keterlibatan ini dapat berupa komentar, like maupun share. Hal tersebut dapat dipancing melalui kalimat yang bersifat mengajak pada caption maupun pada konten itu sendiri. Interaksi tersebut lah yang dapat meningkatkan engagement rate akun Instagram Anda.
  • Merespon kembali user yang berinteraksi dengan konten Anda. Respon ini sangatlah penting karna dapat membangun hubungan yang lebih berkualitas dengan pengguna lainnya.
  • Gunakan hastag dan tag lokasi pada konten Anda. Hastag dan tag lokasi dapat membantu konten anda ditemukan oleh orang lain dengan minat tertentu. Oleh sebab itu penggunaan atribut ini jangan sampai dilupakan ya gengs.

Kesimpulan

Algoritma Instagram merupakan sebuah sistem yang berfungsi memberikan penilaian terhadap seluruh konten yang ada di Instagram. Di tahun 2023 ini, setiap fitur yang ada di Instagram memiliki algoritmanya masing-masing mulai dari feed, stories, reels dan explore. Fokus utama algoritma instagram adalah bagaimana menyajikan konten yang sesuai dengan minat setiap penggunanya. Kesesuaian tersebutlah yang merupakan hasil akhir dari penilaian semua konten yang ada.

Secara garis besar, meskipun feed, stories, reels dan explore memiliki algoritmanya sendiri-sendiri. Hampir sebagian dari algoritma tersbut berfokus pada:

  • Aktifitas user.
  • Informasi tentang konten yang diunggah.
  • Informasi tentang user yang mengunggah.
  • Seberapa sering user berinteraksi dengan akun tersebut.

Terdapat beberapa upaya dalam memaksimalkan konten yang dibuat agar dapat dinilai baik oleh algoritma Instagram. Memahami pedoman komunitas merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Selain itu juga, Instagram akan lebih menghargai konten original. Penggunaan hastag, caption dan tag lokasi juga turut mempengaruhi jangakauan dari konten tersebut.

Biasanya, konsistensi merupakan hal utama yang sulit untuk dilakukan. Cobalah untuk rutin posting dengan waktu upload yang tepat agar engagement konten dapat naik. Agar hubungan dengan user lain terjalin harmonis, maka Anda perlu menanggapi user yang berinteraksi dengan Anda, hal tersebut dapat berupa membalas komentar dan memberikan like pada komentar terbaik.

Apabila anda berminat untuk lebih jauh mempelajari digital marketing, Anda dapat membaca konten berikut : Belajar Digital Marketing 1: Definisi, Keunggulan & Jenisnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *