Daftar isi

Instagram Ads : Digital Marketing Harus Paham Fitur Ini

Instagram Ads Graph

Bagikan artikel ini

Daftar Isi

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads merupakan fitur promosi berbayar yang disediakan oleh Instagram dalam menunjang promosi sebuah produk. Bentuknya pun beragam, mulai dari foto maupun video yang akan ditampilkan di feed, stories dan fitur IG lainnya. Buat kalian yang lagi mendalami ilmu seputar digital marketing ataupun owner dari sebuah brand, memahami fitur ini adalah sebuah kunci kesuksesan promosi melalui media sosial.

Keuntungan Beriklan di Instagram Dibandingkan dengan Media Lain

Instagram merupakan salah satu media sosial populer di Indonesia. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Datareportal dan tim, pengguna Instagram di Indonesia per awal tahun 2023 tercatat sebanyak 89,15 juta pengguna. Faktanya, jumlah pengguna IG tersebut mencakup 53 % dari total jumlah user media sosial yang ada di Indonesia yaitu sebanyak 167 juta pengguna.

Tingginya jumlah pengguna tersebut menjadikan Instagram meduduki posisi ke-2 sebagai media sosial paling populer setelah WhatsApp. Sedangkan TikTok menduduki posisi ke-3 kemudian disusul oleh Facebook dan Twitter di posisi ke-4 dan ke-5. Selain itu juga, berdasarkan riset tersebut. Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh user setiap bulannya mencapai 15 jam 24 menit.

Berdasarkan alasan tersebut, memanfaatkan platform ini dalam mempromosikan brand masih dinilai relevan saat ini. Berikut merupakan keuntungan yang didapatkan dari Instagram Ads:

1. Menambah jumlah followers

Dengan menentukan goals “kunjungan profil” pada fitur Instagram Ads dapat meningkatkan kemungkinan user mengikut akun Anda. Tentunya, peningkatan jumlah followers ini akan berdampak pada kredibilitas dan kepopuleran brand Anda. Semakin tinggi jumlah followers berdampak pada kredibilitas brand Anda. Tidak dapat dipungkiri, brand serupa dengan jumlah pengikut lebih banyak akan cenderung lebih menarik perhatian dibandingkan dengan followers yang lebih sedikit.

2. Update terbaru seputar brand dapat diterima langsung oleh followers

Perubahan habit masyarakat yang lebih sering on gadget dibandingkan nonton tv ataupun dengerin radio dalam mengakses informasi menjadikan gadget sebagai penyedia informasi paling utama. Kalian dapat memanfaatkan kebiasan tersebut dalam mempromosikan produk terbaru serta memberikan edukasi followers mengenai brand kalian.

3. Biaya Iklan Murah Mulai dari 30 Ribu

Fitur ini menyajikan budgeting yang fleksibel. Jadi buat kalian yang baru mulai merintis usaha gabakalan boncos untuk urusan iklan. Untuk anggaran harian sendiri dimulai dari 30 ribu/hari hingga 15,6 juta/hari dengan durasi iklan minimal 1 hari dan maksimal selama 30 hari.

4. Target Iklan dapat disesuaikan dengan target pasar

Penentuan target yang terarah ini memberikan keuntungan bagi pengiklan karena iklan menyasar orang yang tepat. Sehingga budget promosi tidak terbuang sia-sia. Target user yang tepat juga meningkatkan conversion rate iklan kalian. Secara sederhana, Instagram akan menyajikan tiga opsi siapa target dari iklan yang Anda ingingkan yaitu :

Saran Pemirsa, yaitu target-nya adalah user dengan minat serupa berdasarkan followers Anda.
Buat Target Sendiri, Anda diberikan keleluasaan dalam menentukan target iklan berdasarkan 3 kriteria yaitu (1) Lokasi, (2) Minat, (3) Usia dan jenis kelamin.
Kategori Iklan Khusus, yaitu target iklan yang didasari oleh topik iklan seputar kredit, pekerjaan, perumahan, isu sosial / politik.

Panduan Beriklan dengan Instagram Ads

Berikut merupakan langkah yang dapat kalian lakukan jika kalian ingin beriklan di platform ini:

1. Buat halaman bisnis Facebook

Instagram sebagai anak usaha dari Meta yang juga memiliki Facebook mewajibkan kepada user nya yang ingin beriklan untuk membuat laman Facebook. Jadi nantinya halaman brand tersebut saling terintegrasi antara Instagram dan Facebook.

2. Hubungkan akun Instagram Anda dengan halaman bisnis tersebut.

Apabila anda membuat halaman Facebook saat akan beriklan menggunakan Facebook Ads, maka secara otomatis halaman tersebut akan terintegrasi dengan akun IG Anda.

3. Tentukan Format Iklan

Instagram menyajikan 5 opsi dimana iklan akan ditampilkan. Opsi tersebut diantaranya: Stories, Feeds, Reels, Explore & Shopping dengan format iklan berupa foto dan video. Penentuan opsi ini tentunya dengan mempertimbangkan produk dan layanan apa yang Anda jual serta apakah tujuan dari iklan Anda. Sehingga manfaat dari iklan dapat maksimal.

Kalian juga dapat mempromosikan konten yang telah Anda unggah sebelumnya. Apabila langkah diatas sudah siap, maka selanjutnya adalah konfigurasi Instagram Ads.

4. Menentukan Goals Iklan

Goals iklan adalah tindakan yang dilakukan oleh user dalam merespon iklan Anda. Secara umum terdapat 3 goals yang menjadi tolak ukur Instagram Ads yaitu :

  • Mengarahkan user untuk membuka profil, keuntungannya adalah target user akan melihat produk Anda lainnya yang terdapat di Feeds maupun di Highlight. Sehingga dimungkinkan user akan mem-follow akun Anda.
  • Mengunjungi situs web, kunjungan tersebut tentunya dapat berpengaruh pada trafik website.
  • Mengirimi Anda pesan, melalui direct massage atau melalui WhatsApp. Opsi ini cocok untuk close marketing sehingga konversi dari iklan tinggi.
Menentukan Goals Iklan pada Instagram Ads

5. Menentukan Target Iklan

Target iklan pada konfigurasi Instagram Ads memiliki beberapa opsi diantaranya:

  • Saran pemirsa,
  • Buat target Anda sendiri,
  • Kategori iklan khusus, yaitu iklan yang berhubungan dengankredit, pekerjaan, perumahan, isu sosial, pemilu, politik.
Target Audiens pada Instagram Ads

6. Menentukan Budget dan Durasi Iklan

Anggaran harian adalah budget yang Anda keluarkan setiap harinya, sedangkan durasi iklan adalah berapa lama iklan tersebut ditayangkan.

Budgeting pada Instagram Ads

7. Lihat Resume Iklan

Resume iklan menyajikan rincian mulai dari target iklan, pemirsa, anggaran dan durasi, hingga pembayaran. Estimasi jangkauan iklan juga akan diperlihatkan tergantung pada budget dan durasi iklan. Apabila sudah sesuai maka Anda dapat mempromosikan iklan yang dilanjutkan ke menu pembayaran.

resume iklan pada Instagram Ads

Demikian penjelasan mengenai Instagram Ads, selain promosi berbayar. Anda dapat melakukan riset Algoritma Instagram 2023 agar konten yang anda publikasikan dapat menjangkau lebih banyak orang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *