TikTok Shop Dibuka Kembali? Peluang Bagus Bagi UMKM

Daftar isi

TikTok Shop Dibuka

Bagikan artikel ini

TikTok shop dibuka kembali? TikTok Shop merupakan salah satu marketplace yang ada di Indonesia yang sempat heboh di pertengahan tahun ini. Berawal dari sebagian besar UMKM yang masih mengandalkan penjualan secara offline menyalahkan marketplace ini sebagai sebab turunnya omset penjualan, hingga pengurusan izin perdagangan yang tidak sesuai dengan Permendag.

Kenapa TikTok Shop Ditutup?

Berawal dari munculnya keluhan para pedagang yang mengeluhkan sepi nya penjualan. TikTok Shop sempat naik daun menjadi penyebab turun-nya omset para pedagang. Setelah ditelusuri lebih lanjut, sebagaimana dikutip dari detik.com, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki menjelaskan bahwa izin yang dimiliki oleh Tiktok bukan merupakan izin untuk berdagang bagi e-commerce. Izin yang dimilikinya hanya Kantor Perwakilan Perusahaan Perdagangan Asing (KP3A).

TikTok Shop resmi ditutup di Indonesia terhitung sejak tanggal 4 Oktober 2023. Banyak pihak menanyakan kembali kapan TikTok Shop dibuka. Apabila Tiktok ingin menyelenggarakan perdagangan secara online, maka wajib untuk mendaftarkan diri sebagai badan usaha sesuai dengan Permendag No 30 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.


Digitalisasi UMKM

Digitaliasi UMKM merupakan fokus penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam melindungi pelaku UMKM dalam negeri. Pelaku usaha UMKM dalam menghadapi tantangan zaman wajib hukumnya untuk melakukan penjualan secara online. Hal tersebut dikarenakan berubahnya kebiasaan masyarakat yang cenderung lebih suka berbelanja melalui gadget nya dibandingkan harus datang ke offline store. Akan tetapi masih banyak pelaku UMKM tidak teredukasi mengenai hal tersebut.

Berkaca dari tren ojek online beberapa tahun lalu, hadirnya ojek online berdampak pada orderan ojek pangkalan yang telah ada lebih dahulu. Berbagai macam regulasi ditetapkan agar ojek pangkalan dan angkutan umum lainnya tetap dapat bersaing diantaranya adalah dengan menetapkan zona dilarang mangkal dan menaikan penumpang bagi ojek online di area stasiun, terminal dan bandara. Kurang lebih tren tersebut berlaku juga bagi UMKM yang merasa terancam akan hadirnya marketplace online sekarang ini.

Edukasi UMKM merupakan hal penting yang dapat dilakukan, khususnya bagi pemerintah daerah sebagai upaya pemberdayaan UMKM menghadapi tantangan zaman. Maka dari itu, sebelum tiktok shop dibuka kembali, pelaku usaha diharapkan sudah mempersiapkan amunisi untuk go online.

Buat kalian sebagai pelaku UMKM yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai digital marketing dapat membaca artikel berikut : Belajar Digital Marketing 1: Definisi, Keunggulan & Jenisnya


Keuntungan Digitalisasi UMKM

Terdapat berbagai macam manfaat yang didapatkan dari digitalisasi ini diantaranya adalah:

  • Penyebaran informasi secara online ini tidak terbatas, jadi jangkauan produk lebih luas. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan marketplace dan media sosial secara gratis dalam mempromosikan produknya.
  • Terdapat berbagai macam marketplace yang menyediakan fitur live shoping. Interaksi penjual dengan calon pembeli dapat terjadi secara langsung. Sehingga calon pembeli mendapatkan informasi secara jelas yang memungkinkan terjadinya transaksi pembelian.
  • Tersedianya berbagai macam jasa pengiriman, sehingga penjual dapat terbantu memasarkan produknya secara luas.

Kabar Tentang TikTok Shop Dibuka

Sebagaimana dikutip dari mendag.go.id, pada tanggal 16 Juni 2023 CEO Tiktok Shou Zi Chew datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Menteri Perdagangan terkait izin penyelenggaraan TikTok Shop. Hal tersebut dapat dilihat bahwa pihak TikTok sudah berupaya mengurus izin e-commerce sejak Juni 2023. Pada kesempatan itu, Shou menjelaskan bahwa terdapat 2 juta UMKM yang memanfaatkan platform TikTok Shop sebagai media berjualan.

Seiring dengan berjalannya waktu, beredar kabar bahwa pihak TikTok telah menjalin komunikasi dengan 3 marketplace di Indonesia. Sebagaimana dilansir dari ekonomi.republika.co.id pada tanggal 23 November 2023, Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mendapatkan informasi tersebut dari marketplace yang dihubungi. Besar kemungkinan TikTok akan hadir kembali dalam konstelasi e-commerce di Indonesia dalam waktu dekat. TikTok Shop dibuka kembali akan hadir dalam 2 kemungkinan, yaitu sebagai entitas sendiri atau menjadi satu dengan marketplace yang sudah ada dengan sistem investasi.

Melihat peluang tersebut, sebelum TikTok Shop dibuka UMKM diharap dapat menyambutnya dengan baik dengan terus mengupgrade ilmu seputar digital marketing dengan mempelajari dasar-dasar digital marketing terlebih dahulu. Sehingga produk UMKM dapat bersaing secara nasional dan meningkatkan penjualan dari pelaku UMKM tersebut.


Alternatif Marketplace Selain TikTok

Sembari menunggu TikTok Shop dibuka kembali, kalian dapat memanfaatkan marketplace lain sebagai alternatif yang menawarkan fitur serupa yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan TikTok Shop: Platform alternatif tersebut diantaranya adalah:

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Lazada
  • Bukalapak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *